Jumat, 10 Februari 2012

Apa yang bisa kupelajari dari kesendirian?

Sendiri... memang nggak enak rasanya. Disaat teman-temanmu telah sibuk dengan kegiatannya masing-masing dan kau masih disini untuk memilih hidup yang "normal-normal saja".
Nggak ada yang salah dengan pilihan normal itu. Semua orang berhak untuk menentukan bagaimana cara hidup mereka.. Tetap menjadi dirimu sendiri walaupun kau tak sehebat orang lain adalah hal yang luar biasa. Yakinlah bahwa kau memiliki keistimewaan, tak perlulah orang lain tahu. Tuhan, orang yang peduli dan cinta kepadamu pasti tahu itu dan itu sudah lebih dari cukup.    :)

Lalu jika kau berada di titik terendah dalam hidupmu, apa yang harus kau lakukan?
Disaat jenuh dan kekosongan menelusup masuk ke otak dan hati. Ada saat dimana kita tak ingin menumpahkan segala keluh kesah itu kepada orang lain. Yap, biasanya kalau lagi feeling empty maunya curhat melulu. Tapi untuk orang-orang tertentu itu adalah hal yang menyebalkan. Disaat kau terlanjur menumpahkan segala keluhanmu, kemudian kau menyesalinya karena akhirnya kau menyadari bahwa betapa lemahnya dirimu di hadapan orang lain. Nggak salah juga sih kalau mau curhat dan bukannya gengsi jika harus terlihat lemah. Tapi lebih dari itu.

Terkadang kita nggak menyadari bahwa sebenarnya ada yang selalu siap mendengar segala keluh kesah kita. Menangis dihadapannya pun kau tak perlu merasa gengsi atau malu, bahkan terlihat amat sangat lemah dihadapanNya pun tak apa. Percayalah dalam sembah sujudmu Ia akan selalu memberikan ketenangan dan dan jalan keluar yang mungkin tak kau sadari.

Kesendirian bukanlah sesuatu yang harus disesali. Mungkin dalam pergaulan hidup terkadang kita pernah berpikir "kenapa aku nggak bisa bicara sehebat dia?" atau mungkin "aku berusaha untuk akrab dengannya, tapi kenapa pandangannya terhadapku masih seperti itu?"
Yah, sedih memang.. Tapi sebenarnya ada banyak makna dibalik itu.
Ketika semua orang telah sibuk dengan pembicaraan tentang urusan atau kesibukan mereka masing-masing dan tak ada yang berbicara denganmu. Yap, menyebalkan sekali rasanya seperti itu. Bukan salah mereka, tapi bagaimana jika aku memang bukanlah orang supel seperti yang lain... Biarlah, tak perlu berpura-pura untuk bisa berteman kan?.. Hehe, mungkin ini terkesan semacam pembenaran. Relatif memang.. yang terlihat salah pun belum tentu mutlak salah kan..

Jangan selalu menyalahkan dirimu ataupun orang lain atas situasi tidak menyenangkan yang sedang kau alami. Anggap saja itu takdir dan dibalik itu pasti ada hikmahnya. Dengan begitu akan terasa lebih ringan..
Sama seperti kesendirian. Saat tak ada yang melihatmu dan saat itu datang seseorang yang mengajakmu bicara, walaupun cuma bertanya "bagaimana keadaanmu? Sehat?" itu adalah hal yang indah bukan?
Terkadang kita tak menyadari bahwa sesungguhnya kesendirian itu mengajarkan kita untuk bisa menghargai orang lain yang mau melihat dan menanggapi kita. Mengajarkan bagaimana kita bisa menjadi berguna untuk orang lain walaupun sedikit, bahkan kesendirian pun mengajarkan kita untuk mencintai dengan tulus dan setia kepada mereka yang telah menyentuh kehidupan kita.

Yah, begitulah.. segala sesuatu tentang hidup ini adalah manfaat.. Tak ada yang buruk sekalipun itu adalah suatu kesalahan ataupun situasi yang nggak menyenangkan. Seburuk apapun yang kau alami, jika mau melihat lebih ke dalam sesungguhnya tak ada yang mengecewakan dengan semua itu.
Tetap hargai dirimu dan nikmati saja semua perjalanan hidup ini. Keep forgive yourself.... ^_____^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar